RSS

Marketing Strategy Toyota Corolla & Camry

29 Feb

Holistic Marketing, Marketing Profiles, Market segment, Positioning and Target Market Toyota Corolla & Toyota Camry

1. Holistic marketing  adopted by Toyota

 

Konsep holistic marketing, salah satunya ialah, merupakan ide dimana pemasaran merupakan segalanya, dikatakan bahwa perusaan yang sukses harus memiliki pendekatan secara menyeluruh pada pemasaran dimana semua bagian dari organisasi memfokuskan untuk bagaimana meningkatkan nilai tambah bagi pelanggan dan bagaimana mengkomunikasikan nilai tersebut kepada pelanggannya. Banyak pengertian mengenai pemasaran secara keseluruhan (holistic marketing). holistic marketing menurut Rama Mahana Rao (2011:33) konsep dimana para pemasar berusaha untuk meningkatkan kesadaran akan suatu kebutuhan agar didapat pendekatan yang lebih lengkap dan menyatu (kohesif) melebihi aplikasi konsep pemasaran secara tradisional. Konsep ini didasari pada pengembangan, desain, dan pengimplementasian dari program-program pemasaran, proses-proses, dan aktivitas-aktivitas yang disadari saling ketergantungan. Dan dari konsep ini terdapat 4 komponen penting yaitu Integrated marketing, Internal marketing, Relationship marketing dan Social responsibility marketing.

Toyota Camry dan Toyota Corolla merupakan dua dari Toyota sedan yang dikembangkan oleh Toyota Motor Corporation sebagai perusahaan multinasional penghasil mobil terbesar di dunia paling populer. Berbagai variasi model yang sangat populer, Toyota menghabiskan banyak waktu dengan cara untuk membuat Camry atau Corolla lebih handal dan canggih.

Adapun pemasaran secara keseluruhan (holistic marketing) yang terdiri dari Integrated marketing, Relationship marketing, Internal marketing, dan Social responsibility marketing pada Toyota Corolla dan Camry dijelaskan sebagai berikut.

Integrated marketing

Integrated marketing, merupakan sebuah penggabungan aktivitas-aktivitas dan program-program dari marketing atau pemasaran yang dimaksudkan untuk membuat, mengkomunikasikan, dan menyampaikan nilai kepada pelanggan. Integrated marketing dalam hal ini salahsatunya yaitu Marketing Mix yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi

No

Kategori

Corolla

Camry

1

Produk
  • Corolla CE Sedan, manual
  • Corolla CE Sedan, automatic
  • Corolla S Sedan, manual
  • Corolla S Sedan, automatic
  • Corolla LE Sedan, manual
  • Corolla LE Sedan, automatic
  • Camry LE Manual
  • Camry LE Automatic
  • Camry LE V6 Automatic
  • Camry XLE Automatic
  • Camry XLE V6 Automatic
  • Camry SE Manual
  • Camry SE Automatic
  • Camry SE V6 Automatic

2

Harga
  • $13,855
  • $14,655
  • $15,000
  • $15,800
  • $15,165
  • $15,965
  • $19,455
  • $20,285
  • $22,745
  • $22,780
  • $25,890
  • $20,795
  • $21,625
  • $24,185

3

Tempat Jepang, Amerika Serikat (Fremont, California), Inggris (Derbyshire), Kanada (Cambridge, Ontario), Malaysia, China (Tianjin), Taiwan, Afrika Selatan, Brazil, Turki, Filipina, Thailand, Venezuela, Pakistan, India dan Indonesia. Amerika dan Australia, Jepang, serta berbagai negara, Asia, Timur Tengah, Amerika Latin.

4

Promosi Promosi yang digunakan model ini yaitu dengan menggunakan promosi penjualan, iklan, tenaga penjualan, public relations, pemasaran langsung Promosi yang digunakan model ini yaitu dengan menggunakan promosi penjualan, iklan, tenaga penjualan, public relations, pemasaran langsung

Relationship marketing

Relationship marketing, merupakan kegiatan pemasaran dimana membina hubungan dengan bagian-bagian, organisasi-organisasi, atau lainnya, baik yang terhubung secara langsung atau pun tidak langsung yang member kontribusi untuk pencapain tujuan baik dalam organisasi, khususnya pada bagian pemasaran

No

Kategori

Corolla

Camry

1

Customer Toyota Motor Corporation berusaha menjada komitmen terhadap pelanggan dengan terus melakukan berbagai inovasi dari produk yang dikembangakan agar sesuai dengan kebutuhan para pelanggan, selain itu untuk menjada loyalitas dari pelanggan membuka berbagai pabrik dan jasa perbaikan diberbagai wilayah negara di dunia.

2

Channel Para desainer, pengembang, pemasok dan anggota tim di seluruh negara bekerja keras, datang bersama untuk mengembangkan kendaraan dan mengunjungi pabrik, bertemu para pegawai dan melihat apa yang telah dilakukan diberbagai di negera

3

Partners Toyota komitmen dalam menjaga kemitraan dengan berbagai lembaga di berbagai Negara tempat produksi dan penjualan. Kemitraan melalui filantropi (proyek konservasi dan relawan lingkungan), industri, pemerintah (bekerjasama melalui pengurangan gas rumah kaca baru, dan emisi rendah)dan bisnis, termasuk dealer dan pemasok (
memberikan bimbingan dan dukungan untuk program lingkungan.

Internal marketing

Internal marketing, merupakan kegiatan-kegiatan pemasaran yang dilakukan dalam perusahaan atau organisasi yang hubugannya dengan departemen lain, dan top management. Seperti hubungannya dengan pengadaan karyawan, pelatihan, dan memotivasi karyawan.

No

Kategori

Corolla

Camry

1

Departemen Pemasaran Toyota  Corolla dan Camry merupakan mobil yang dikembangkan oleh Toyota Motor Corporation sehingga pengelolaan pemasaran ditangani oleh departemen tersendiri yang khusus mengelola pemasaran yang tersebar dibebepa Negara di dunia

2

Top manajemen dalam pengembangan karyawan Dalam pembembangan karyawan diseauikan dengan kondisi Negara Negara tempat produksi dan distribusi pengembangan karir diantaranya yaitu mengembangkan berbabgai asosiasi bagi karyawan : African American Collaborative, Toyota Christian Fellowship, Toyota Organization for the Development of Latinos, Toyota Asian American Society in Alliance,Toyota Veterans Association, Women’s Leadership Forum, Women’s Leadership Exchange Network, Diversity in Motion, Toyota Team Volunteer, Young Professionals, Diversity in Motion, Toyota African Americans for Success

Social responsibility marketing

Social responsibility marketing, merupakan pemasaran dimana berhubungan dengan masyarakat, baik itu komunitas maupun masyarakat secara luas, etika dalam menjalankan kegiatan marketing, legal atau illegal dilihat dari sisi hukum.

No

Kategori

Corolla

Camry

1

Masyarakat Toyota berusaha membantu komunitas dimana tempat produksi dan penjualan dengan  mendukung organisasi lokal pada bidang lingkungan, pendidikan dan kemanana. Selain itu juga peduli terhadap beragam komunitas yang membutuhkan seperti makanan, perumahan dan seni

2

Hukum dan Etika Bekerjasama dengan pemerintah dalam mendukung berbagai regulasi yang dikembangkan pemerintah dalam pengurangan gas rumah kaca baru, dan emisi rendah dan berbagai dampak polusi

3

Lingkungan hidup Toyota komitmen terhadap lingkungan melalui berbagai produk yang dikembangkan. Selain itu juga mendukung organisasi nirlaba yang mempromosikan pengelolaan lingkungan, pendidikan dan penelitian.Program Lingkungan kami juga mencerminkan komitmen kami untuk mewakili dan melibatkan beragam populasi dan komunitas.

2. Marketing profiles and the market segment which served by each product.

Marketing profiles

Corolla

Corolla diambil dari bahasa Latin yang berarti mahkota kecil (small crown). Dari penyitraan namanya Corolla pun sukses menjadi rajanya sedan menengah di seluruh dunia. Model Corolla berhasil karena murah untuk membeli, murah untuk beroperasi, dapat diandalkan dan mudah untuk memperbaiki.The Toyota Corolla  diproduksi oleh Jepang, yang telah menjadi sangat populer di seluruh dunia sejak papan nama pertama kali diperkenalkan pada tahun 1966. Pada tahun 1997, Corolla menjadi papan nama terlaris di dunia, dengan lebih dari 40 juta dijual pada 2007, melebihi Volkswagen Beetle Selama 40 tahun terakhir, satu mobil Corolla telah dijual rata-rata setiap 40 detik.

Corolla diproduksi di Jepang dan Brasil (IndaiatubaSãoPaulo), Kanada (Cambridge, Ontario), Cina (Tianjin), India (Bangalore), IndonesiaMalaysiaPakistanFilipina, Afrika Selatan (Durban), TaiwanThailandTurki dan Venezuela. Produksi sebelumnya telah dibuat di Australia (Victoria) dan Inggris (Derbyshire). Produksi di Amerika Serikat (FremontCalifornia) yang berakhir pada Maret 2010.

Corolla bermesin 4-silinder bensin dan di Jepang serta Eropa juga dipasarkan dengan mesin diesel. Bentuk body Corolla yang paling umum adalah Sedan 4-pintu. Model body lain yang tersedia adalah Station wagon, dan Hatchback 3 dan 5 pintu. Model sport berbentuk Coupe 2-pintu pernah diproduksi dari tahun 1970-an sampai 1999 dengan nama Corolla Levin dan Sprinter Trueno. Pada tahun 1980-an, Levin dan Trueno juga tersedia dalam bentuk Liftback 3-pintu.

Resep jitu Corolla adalah selalu value-for-money, tak semahal sedan kelas atas, murah dioperasikan, “bandel” dan gampang diperbaiki selain itu berbagai penyempurnaan telah terjadi pada Corolla. Sedan andalan Toyota ini tak kurang telah melewati 10 generasi. Corolla dikenal sebagai sedan yang tangguh, irit, nyaman dan memiliki harga yang sangat terjangkau.

Camry

Camry sering disebut mahkotakanmuri. Aroma khas Camry, yang meliputi tutup tangki bensin, lampu rumah belakang, serta pegangan pintunya.Toyota Camry adalah mobil sedan kelas menengah atas yang pasar utamanya adalah Amerika dan Australia. Camry terlihat menyegarkan untuk yakin dan target pasarnya adalah orang muda. Desain dan sentuhan bergaya terlihat menarik dan mudah-mudahan akan meyakinkan. Camry meraih Mobil Terlaris di AS dari tahun 1997 sampai 2000, dan 2002 sampai sekarang. Camry juga dijual di Jepang, serta berbagai negara Asia, Timur Tengah, dan Amerika Latin. Di Eropa, Camry tidak begitu laku, dan sekarang tidak dipasarkan lagi.

Pada mulanya Camry berawal dari Celica Camry yang merupakan versi mahal dari Toyota Carina. Mobil ini hanya dijual di Jepang dari tahun 1980 sampai 1982.

Toyota New Camry yang diperkenalkan pada 2011 silam, nyatanya mampu menarik minat pecinta sedan di Amerika Serikat. Pada bulan Januari 2012, penjualan gabungan Toyota, Lexus dan Scion saja sudah mencapai 124.540 unit. Hal ini tentu sangat membantu pemulihan kondisi Toyota di Jepang.

Di Amerika Serikat, Toyota New Camry yang bermain di kelas menengah mengalami peningkatan permintaan hingga 56%. Akan tetapi, fakta yang tak terduga sekaligus menggembirakan adalah bahwa permintaan pun berdatangan dari kalangan muda yang menggemari New Camry model Sporty SE.

Penjualan model SE yang terus bertambah menjadi salah satu faktor utama dalam meningkatkan penjualan di bulan Januari 2012. Camry telah menjadi roda penggerak penting dalam roda industri mobil yang dikirimkan kapada  34 negara. Toyota CAmry hybrid ini bakal lebih bertenaga mesinnya, karena kapasitasnya lebih besar, yakni 2.5 liter 4 silinder dengan teknologi Dual VVTi.

Segmentasi pasar

Segmentasi pasar merupakan sebuah usaha mengidentifikasi atau  membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen. Seperti yang diungkapkan oleh Kotler (2007:292) bahwa segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama.

Segmentasi pasar yang harus dikembang oleh perusahaan terdiri dari segmentasi geografis, demografis, psikografis dan perilaku. Secara jelas implementasi segmentasi pasar pada Toyota Corolla dan Toyota Camry dijelaskan sebagai berikut :

2.1 Segmentasi Geografis

Corolla

Camry

Corolla diproduksi di Jepang, Amerika Serikat (Fremont, California), Inggris (Derbyshire), Kanada (Cambridge, Ontario), Malaysia, China (Tianjin), Taiwan, Afrika Selatan, Brazil, Turki, Filipina, Thailand, Venezuela, Pakistan, India dan Indonesia. Pasar utama yaitu Amerika dan Australia, Jepang, serta berbagai negara, Asia, Timur Tengah, Amerika Latin. Di Eropa, Camry tidak begitu laku, dan sekarang tidak dipasarkan lagi.

2.2 Segmentasi Demografi

No

Kategori

Corolla

Camry

1

Usia 20-29 tahun 29 tahun keatas

2

Ukuran Keluarga Keluarga kecil Keluarga kecil

3

Siklus hidup keluarga Professional muda Profesional yang sudah menikah dan sudah berkeluarga

4

Jenis Kelamin Pria dan Wanita Pria dan Wanita

5

Penghasilan $ 30.000 dan $ 40.000. > $ 40.000 keatas

6

Pekerjaan Profesional dan Teknikal Manajer, pejabat ataupun pemilik perusahaan

7

Pendidikan Pernah kuliah dan lulus perguruan tinggi Pernah kuliah dan lulus perguruan tinggi

8

Agama Katolik, protestan, yahudi, islam, dna hindu dan lainya Katolik, protestan, yahudi, islam, dna hindu dan lainya

9

Ras Putih, hitam, Asia dan Hipsnik Putih, hitam, Asia dan Hipsnik

10

Generasi Memulai dikembangkan pada tahun 1966 dan terus menerus berinovasi sehingga menjadi mobil yang cantik, irit dan populer Mulai dikembangkan pada tahun 1990-an, agar  dapat bersaing dengan mobil Eropa dan Amerika

2.3  Segmentasi Psikografis

No

Kategori

Corolla

Camry

1

Kelas Sosial Kelas menengah Kelas menengah atas

2

Gaya hidup Model mobil sederhana dan berkelas Model mobil mewah dan berkelas

3

Kepribadian Produk yang dikembangkan bagi konsumen yang rasional dan berorientasi pada efektifitas Produk yang dikembangkan bagi konsumen yang mewah dan tidak berorientasi pada harga

2.4  Segmentasi Behavorial

No

Kategori

Corolla

Camry

1

Pengatahuan Sparepart mudah didapat dan relative murah  selain itu dilengkapi teknologi hibrida yang disebut Hybrid Synergy Drive Sparepart mudah didapat akan tetapi relative mahal dan  dilengkapi teknologi hibrida yang disebut Hybrid Synergy Drive

2

Sikap Tertarik karena mudah dioperasikan, “bandel” dan gampang diperbaiki. Tertarik karena berbagai fitur sistem kenyamanan dan kemanan yang dimiliki.

4

Manfaat Kualitas, pelayanan, ekonomis Kualitas, pelayanan, ekonomis dan kecepatan

5

Status pemakai Pemakai potensia, pemakai pertama kali Pemakai potensia, pemakai pertama kali dan pemakai teatur

6

Tingkat pamakaian Pemakaian sedang Pemakaian berat

7

Status kesetiaaan Sedang, kuat dan mutlak Sedang, kuat dan mutlak

8

Kesiapan pembeli Sadar, mengetahui, tertarik serta menginginkan Sadar, mengetahui, tertarik serta menginginkan

9

Sikap pertadap produk Antusias dan positif Antusias dan positif

3. Positioned to its target market corrola dan camry

Target Market

Setelah perusahaan mengidentifikasi peluang-peluang segmen pasarnya, kemudian perusahaan harus mengevaluasi beragam segmen dan memutuskan berapa banyak dan segmen pasar mana yang akan dibidik.

Dengan berbagai identifikasi segmen pasar yang telah dikembangkan, selanjutnya agar dapat berguna, segmen segmen tersebut dinilai berdasarkan lima kriteria yaitu :

No

Kategori

Corolla

Camry

1

Dapat diukur Segmen pasar yang dibidik adalah profesional muda antara usia 20-29 yang memiliki pekerjaan dengan gaji antara $ 30.000 dan $ 40.000. Segmen yang bidik adalah para pejabat atau eksekutif yang sudah mapan dengan gaji diatas $ 40.000.

2

Besar Target pasar memiliki pasar potensial yang cukup besar pada usia muda Target pasar memiliki pasar potensial yang cukup besar pada usia lanjut yang memiliki pengalaman dan investasi yang cukup besar

3

Dapat diakses Dengan pendapatan yang relative menengah yang mendorong agar lebih muran dan efektif memilih produk mobil sehingga target pasar mudah dilayani Dengan pendapat menengah keatas sehingga target yang dibidik jelas dan efektif untu dilayani

4

Dapat dibedakan Segmen yang dibidik lebih focus pada professional muda sehingga mudah dibedakan Sgemen yang dibidik lebih berorientasi pada kalangan pejabat

5

Dapat dilaksanakan Program program yang dikembangkan menyesuaikan dengan gaya hidup yang tidak begitu mewah karena lebih berortasi pada efektifitas penggunaan Program program yang dikembangkan menyesuaikan dengan gaya hidup mewah  yang lebih berortasi pada trend an gaya hidup mewah

Setelah mengevaluasi segmen-segmen yang berbeda, perusahaan dapat mempertimbangkan berbaga pola pemilihan pasar. Hal tersebut senada dengan pendapat Kotler (2007:320) yang menyatakan bahwa terdapat 5 pola pemilihan dasar dalam pemilihan pasar sasaran. Lebih jelas pemilihan pasar sasaran tersebut dijelaskan sebagai berikut.

No

Kategori

Corolla

Camry

1

Konsentrasi segmen tunggal Target pasar berkonsentrasi pada mobil sedan yang irit dan fashionable Target pasar focus pada mobil sedan mewah bergaya mobile balap sebagai cirri khas camry

2

Spesialisasi selektif Meluncurkan lebih lebih dari sepuluh generasi bagi para professional muda  value for money Meluncurkan lebih dari enam generasi untuk para eksektif dan pejabat pada kelas menengah keatas

3

Spesialisasi produk Memasarkan mobil hanya dengan target bagi para usia relative muda diberbagai negara Memasarkan mobil berkontrasi pada  pejabat dan eksekutif tingkat atas

4

Cakupan keseluruh pasar Untuk sekala makro Toyota Motor Corporation memasarkan berbagai produk mobilnya pada berbagai level pekerjaan dan berbagai kebutuhan Untuk sekala makro Toyota Motor Corporation memasarkan berbagai produk mobilnya pada berbagai level pekerjaan dan berbagai kebutuhan

POSITIONING

Setelah mengidentifikasi segmen pasar, maka sebuah perusahaan juga harus mengidentifikasi cara-cara spesifik yang dapat mendiferensiasikan produknya dan memilih “competitive positioning”. Positioning merupakan tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan sehingga menempati suatu posisi kompetitif yang berarti dan berada dalam benak pelanggan sasarannya (Kotler, 1997). Positioning merupakan elemen yang sangat utama dalam suatu strategi pemasaran. Sebuah perusahaan dapat menentukan posisinya melalui persepsi pelanggan terhadap produknya dan produk pesaingnya sehingga akan dihasilkan peta persepsi. Dengan menggunakan informasi dari peta persepsi itu, dapat dikenali berbagai strategi penentuan posisi antara lain :

No

Positioning

Corolla

Camry

1

Atribut produk Beberapa fitur yang unik untuk hibrida Beberapa fitur yang unik untuk hibrida

2

Manfaat Produk diposisikan pada tingkat kenyamanan dan efektifivitas penggunaan Produk diposisikan pada tingkat kenyamanan dan kemanan yan begitu tinggi

3

Harga/kualitas Produk diposisikan pada kategori harga yang relative murah Produk diposisikan pada kategori harga yang relative mahal

4

Penggunaan dan penerapan Menggunakan listrikpower steering, rem, dan AC yang beroperasi penuh setelah  Mobil itu dapat berjalan dalam modus-listrik , bensin saja atau keduanya Menggunakan listrikpower steering, rem, dan AC yang beroperasi penuh setelah  Mobil itu dapat berjalan dalam modus-listrik , bensin saja atau keduanya

5

Pemakai

6

Pesaing Memposisikan diri sebagai lebih baik daripada pesaing pada kelas sejenis Memposisikan diri sebagai lebih baik daripada pesaing terutama pasar Eropa dan Amerika

7

Kategori produk Produk menggunakan berbagai fitur yang berteknologi tinggi Produk menggunakan berbagai fitur yang berteknologi tinggi

 DAFTAR PUSTAKA

Kolter, Philip dan Gary Armstrong (1997). Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Bahasa  Indonesia Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo

Kotler & Keller(2007). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Edisi Bahasa Indonesia PT. Indeks Jakarta

Kotler, Philips (1997). Manajemen Pemasaran (Terjemahan) Jilid I, PT.Prehallindo, Jakarta

Malhotra, Naresh K (2003). Marketing Research: An Applied Orientation with SPSS, Fourth  Edition,Prentice-Hall.

Rama Mahana Rao (2011). Service Marketing. Person Education in South Asia. Dorling Kindesley India

http://juniorbiz.com/efmp/week three determining your target market 2012

http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota Corolla 2012

http://id.wikipedia.org/wiki/Toyota Corolla 2012

http://otomotif.vivanews.com/news/read/mobil ini mampu terjual setiap 40 detik 2012

http://otomotif.vivanews.com/news/read/toyota camry termahal rp 17miliar 2012

http://www.dailymail.co.uk/news/Toyota Corolla overtakes Fords F trucks best selling car time.html 2012

 
Leave a comment

Posted by on February 29, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: